Ceritaku Di Milad Ke-8 Tapis Blogger

 



1 September 2024, mengawali bulan di Minggu pagi yang sedikit mendung dan gerimis tipis, aku dan seorang temanku gegas berangkat ke luar kota. Kami bertemu di taman kota dan berangkat bersama. Motor melaju membelah udara dingin menyusuri kebun karet Trikora yang indah nan sejuk di pagi hari, matahari masih malu dan hanya mengintip saja. Aku dengan kecepatan penuh, sedikit tak menghiraukan yang ada di  belakang karena takut terlambat, tersebab sebelum ke tempat utama, kami harus mengambil tumpeng dulu. Aku pun belum sempat bertanya, siapa perwakilan dari kampus yang akan sambutan.

 


Akhirnya aku sampai di kampus Darmajaya Bandar Lampung, syukurlah tidak telat. 


Acara dimulai dengan obrolan asyik dari MC, dan lalu resmi dibuka, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, menumbuhkan rasa nasionalisme. Ada peserta yang berani menjadi dirijen dadakan.


Selanjutnya agar lebih khidmat, mewakili salah satu agama mayoritas, tak sejuk rasanya jika tidak ada lantunan doa dan ayat suci, agar acara semakin khidmat dan barokah. Namun untuk agama lain, disesuaikan mengikuti doa agama masing-masing. Pembacaan doa dan ayat suci Al-Qur'an oleh sahabat Ahmad Tarnudzy, beliau merupakan anggota Tapis Blogger yang juga ketua Forum Lingkar Pena Wilayah Lampung.



Kali ini rasanya agak berbeda karena aku harus sambutan sebagai ketua pelaksana. Aku merasa lebih ringan berbicara menjadi pemateri dibanding sambutan, sepele tapi tidak mudah juga. Tapi aku harus terus belajar mengupgrade diri.

 


Acara pun telah dimulai, dari sambutan ketua Tapis Blogger, mba Naqiyyah Syam.



 Bu Dian Eka Darma Wahyuni  S.E  selaku perwakilan dari kampus Darmajaya.


Beliau sempat membacakan sambutan dari Bapak Ary Meizary S.E, M.B.A yang berhalangan hadir. Aku mewakili teman-teman menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat Darmajaya memberikan kesempatan kepada Tapis Blogger menyelenggarakan acara milad ke delapan ini. Berikut isi pesan-pesan, sambutan dari Bapak Ary  selaku ketua Yayasan Alfian Husin.



 Serta Bang Adian Saputra salah satu senior Tapis Blogger yang juga seorang pimred di beberapa koran Lampung.


Pemotongan tumpeng, menandakan resminya acara Milad Ke-8 Tapis Blogger, semoga Tapis Blogger terus meregenerasi bibit-bibit baru dan makin sukses, aamiin.....



(Klik 2x jika video belum terbuka)


SEKILAS TENTANG TAPIS BLOGGER.

Tapis Blogger awal mula berdiri sekitar tahun 2016, terdiri dari Mba Naqiyyah Syam, Mba Fitri Restiana, Mba Izzah Annissa, Mba Heny Puspita. Mereka semua aktif di dunia literasi, mereka kebanyakan adalah seorang penulis buku yang bukunya sudah sampai nasional dan bahkan kerjasama dengan Balai Bahasa. Wah keren banget yahh. Orang Lampung harus bangga. Dan para seniornya pun tak kalah hebatnya, kebanyakan mereka bekerja di dunia jurnalistik ataupun broadcast, dan juga potografer profesional seperti bang Yopi, yang sering menjadi fotografer acara Pak Gubernur Ridho Ficardo, ada mba Puspa Fajar, Kak yoga, Bang Razone, Bang Arief Budiman, Bang Slumut, dan masih banyak lainnya. Aku merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari orang-orang yang memiliki positive vibes di sini. Mereka orang hebat tapi humble itu ajaran yang tanpa sadar sudah mereka tanamkan ke aku. Dan aku kagum, mereka sudah berumur tapi bisa berorganisasi, dan khususnya melihat perempuan-perempuan yang sudah emak-emak punya anak tapi mereka masih aktif berkarir, berliterasi, sunggguh semangat yang harus tertular kepadaku.



Seiring berkembangnya waktu, Tapis Blogger mulai mengepakkan sayapnya, dari fokus dunia blogging, merambah ke sosial media yang sedang hits seperti instagram dan tiktok. Mereka pun melahirkan tak hanya blogger dan penulis tapi juga konten kreator muda. Kami saling support dan memberi semangat. Saya merasa (lagi-lagi) bersyukur, ada takdir yang tertulis di lautan Pena-Nya bertemu Tapis Blogger.


Sehingga pada milad kali ini acaranya pun bertema: 

"CAKAP LITERASI DIGITAL: KIAT BIKIN KONTEN FOTO, VIDEO, DAN ARTIKEL UNTUK UMKM HINGGA PELUANG MONETISASI"

Tentunya Tapis Blogger membuka mata selebar-lebarnya akan dinamisasi perkembangan digital dewasa ini, hingga pada acara milad kali ini, Tapis Blogger memberikan edukasi yang sangat gurih ini kepada sekitar 50 peserta yang hadir dan juga para panitia dan sponsor yang hadir, ilmu yang mungkin di luar sana bisa berjuta-juta, namun di milad kali ini, hanya cukup membawa niat, bismillah saya menuntut ilmu untuk kebaikan.

Para pembicara pada milad  8 Tapis Blogger ini di mulai dari Mbak Rinda Mulyani, seorang pimred Portallnews.id yang juga anggota Tapis Blogger cukup senior. Beliau memberikan materi berupa:

“Penulisan Berita Feature UMKM”



Diawali dengan sebuah gambar, beliau meminta para peserta untuk mendeskripsikan gambar tersebut. Lalu beliau memberikan contoh-contoh tulisan feature. Mendeskripsikan apa itu feature dan ciri-cirinya. Tak hanya itu mba Rinda Mulyani juga memberikan struktur bagan-bagan penting dalam penulisan feature. Untuk materi lebih lengkap, teman-teman bisa ikut acara-acara Tapis Blogger ataupun ketika beliau membuka kelas, karena materi ini eksklusif dan beruntung sekali yang bisa mengikutinya..  ^_^v

 


Materi selanjutnya oleh Kak Bella Ibnaty Sardio, Redaktur Lampung Geh. 

Kak Bella memberikan materi tentang “Konten Kreatif Di Media Sosial”

Dimana didalamnya membahas:

1.     Etika Jurnalistik

2.     Manajemen Ruang Redaksi

3.     Teknik Liputan

4.     Teknis Penulisan



Di sini aku mau spill sedikit mengenai Teknik Liputan. Mungkin teman-teman yang baru terjun di dunia jurnalistik atau perkontenan, belum mengetahui pentingnya teknik dalam peliputan agar video atau konten baik video atau pun tulisan kita semakin bernas dan paripurna. Teknik tersebut meliputi kajian Pustaka, observasi, wawancara.



Teknik penulisan  berita pun ada caranya, eiits tapi untuk lebih dalamnya, kalian bisa join di Tapis Blogger ya, karena lagi-lagi materinya eksklusif 😊



Ditengah-tengah acara tidak lupa MC Kak Jarwo yang juga seorang pendongeng ini memberi keseruan dengan bagi-bagi doorprize. Oya di milad kali ini ada banyak sponsor yang turut mensukseskan acara ini lho!

@darmajayathebest

 @abdulhakim.mm

 @fitri_restiana

@siliwangibolukukus

 @mamikeki_lampung

@penulisbukuanak

 @paxel.lampung

 @susi_dapur_alfaatih

@tokokitabuka

 @sambel.alu

 @rumahmadu.co.id

@aprilia_fitriningsih

@rokez.rotikeset

 @wardahbeauty.lampung

 @lampunggehnews

@arsyskin_clinic

@lazismulampung

 @wartalampung.id

@aliyahzahira.salon

 @lazdai_peduli

 @portal.lampung

 @tesstifinlampung

@hujan.buku

@muslimterkiniid

@kantorbahasalampung

@cedeaseafood

@ngajakanakbelajar

@thasyaethnic

@asiankleenskin

@radio_official

 

 

@aspirasikuid

 

Selanjutnya, diawali dengan pengenalan jasa kirim paket bernama Paxel Lampung oleh Pak Alex. Paxel ini ternyata tidak hanya jasa kirim paket berupa barang bahkan makanan beda kota loh.



Sesi terakhir ada dua pembicara lagi yang tak kalah seru, dipandu oleh Bang Yandigsa, tapis blogger asal Kotabumi Lampung Utara yang merupakan MC dan juga konten creator.

Membuat tulisan baik di blog maupun membuat konten tentunya kita harus bisa teknik fotografi dan videografi yang baik, agar enak dilihat dan menarik minat orang untuk melihat konten kita.



Mbak Lynnah Yeanna membagikan pengalaman luar biasanya terhadap dunia fotografi, yang pada akhirnya kini ia banyak kerjasama dengan brand-brand ternama. 



Hasil fotonya yang estetik juga ia bagikan di akun instagramnya @lynnahyeanna. Ini salah dua hasil jepretan mbak Lynnah yang keren punya!



 Pamungkas, pemateri penutup dari kak @hobbyjajanid_ yang merupakan seorang food vlogger muda, yang mulai bersinar setelah sempat vakum di dunia perkontenan karena keterbatasan biaya. Semangat perjuangannya patut kita tiru, agar tidak putus asa dan terus berproses.








Sekilas KAMPUS DARMAJAYA


Darmajaya merupakan salah satu kampus yang ada di jantung kota Bandar Lampung. Melansir dari www.darmajaya.ac.id Darmajaya berdiri pada tahun 1995, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Alfian Husin. Nama “DARMAJAYA”, memiliki arti ” Dharma Bhakti dan Jasa Yoenidar Alfian“. Kampus Terpadu Darmajaya dibangun diatas tanah seluas 2,5 hektar, yang beralamat di jalan Zainal Abidin Pagar Alam, No.93B. Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Program Pendidikan dan Bidang Keilmuan yang diselenggarakan hingga saat ini adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), total program studi yang diselenggarakan berjumlah 8 (delapan) program studi, yaitu masing-masing antara lain : STMIK (Teknik Informatika-S1, Sistem Komputer -S1, Sistem Informasi-S1, Manajemen Informatika-D3, Teknik Komputer-D3) dan STIE (Manejemen-S1, Akuntansi-S1, Akuntansi-D3).

Atas Kepercayaan yang diberikan Masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (DIKTI), STMIK-STIE DARMAJAYA telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah Perguruan Tinggi Besar dan memiliki reputasi baik sebagai Institusi Pendidikan. 



Darmajaya juga memiliki keunggulan dalam memberikan beasiswa, tidak hanya yang memiliki prestasi akademik, tapi juga beasiswa penghapal Al-Qur'an, ini sangat patut dicontoh dan diapresiasi, semoga Darmajaya makin sukses kedepannya. 


Bersama mahasiswi Darmajaya asal Madagascar- Afrika penerima beasiswa.


Selain itu Kampus Darmajaya juga memberikan beberapa kesempatan mahasiswa asing untuk belajar di Darmajaya juga dengan beasiswa, seperti mahasiswa Madagascar -Afrika yang pernah aku jumpai dan pernah piknik bersama, kenal dari teman Palestina.



Selain itu belum lama ini kampus Darmajaya Yayasan Alfian Husin telah meraih prestasi dan terabadikan pada salah satu portal berita. 


Acara milad Tapis Blogger yang ke delapan ini selain menambah wawasan keilmuan berliterasi dan bersosial media, juga semakin mengenal sebuah kampus Darmajaya lebih dekat lagi. (Ditulis sebelum tengah malam-iqomah subuh berkumandang). Sekian cerita dariku. Terima kasih sudah membaca :D 

Komentar